0
Dikirim pada 08 November 2010 di Pernik
Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang penampilannya cukup atraktif. Bagaimana tidak, bentuknya panjang, langsing, dan warnanya yang oranye membuatnya nampak ‘ngejreng’ dibanding sayuran lain yang hijau standar. Dibalik penampilannya yang menarik itu, ternyata wortel punya banyak khasiat untuk membuat para perempuan tambah cantik dan sehat.
 
Dibandingkan dengan sayuran lain, Wortel paling banyak mengandung beta karoten. Penelitian mengaitkan kandungan tinggi beta karoten dengan pencegahan kanker, karena sifat antioksidannya yang melawan kerja destruktif sel-sel kanker. Di samping itu beta karoten membantu sistem kekebalan tubuh yang menghasilkan "killer cell " alami. Salah satu kanker yang dapat diatasi dengan wortel adalah kanker cervic atau leher rahim pada perempuan.
 
Sedangkan untuk kecantikan wanita, Wortel memiliki manfaat untuk menghaluskan wajah. Caranya 2-3 wortel dikupas, dicuci, lalu diparut, dan diperas airnya. Oleskan ke wajah. Bisa juga setelah diparut, langsung ditempelkan ke wajah sebagai masker sampai kering. Triknya dalam memakai masker wortel, wajah jangan digerakkan seperti bercakap atau makan supaya maskernya tidak retak.
 
Selain itu untuk kesehatan mata, ternyata wortel juga mengandung Vitamin A pada yang bisa mengatasi keluhan pada mata, seperti mata minus atau rabun senja. Selain itu buah yang bisa dimakan mentah-mentah tersebut, bisa dijadikan sebagai obat luka bakar, yakni caranya dengan menumbuk wortel sampai halus, lalu tinggal dioleskan pada luka bakar.yakni caranya dengan menumbuk wortel sampai halus, lalu tinggal dioleskan pada luka bakar.
 
Di dalam wortel juga terkandung pectin yang baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Kandungan kalium dalam wortel bisa menetralkan asam dalam darah dan vitamin A membantu hati menghilangkan toksin di dalam tubuh. Wortel mentah atau dimasak merupakan sumber kalsium dan vitamin C.

 



Dikirim pada 08 November 2010 di Pernik
comments powered by Disqus
Profile

Seorang muslimah yang sedang bermujahadah untuk memperbaiki diri dan berbuat yang terbaik. More About me

Page
Tag
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 225.042 kali


connect with ABATASA